Webinar “Mencegah Pelanggaran Kode Pemasaran Produk Pengganti ASI di Fasilitas Kesehatan”, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021 melalui zoom dan youtube dengan melibatkan 1.000 orang dan 3 Narasumber yaitu Sri Wahyuni Sukotjo, Irma Hidyandi, dan Niken Asri Utami.

Pada kegiatan ini narasumber, Sri Wahyuni Sukotjo menyampaikan alasan terjadinya penurunan pemberian ASI Ekslusif dan meningkatnya pemberian susu sufor salah satunya karena kebijakan terkait pemasaran dan iklan hanya dikontrol saat umur bayi 0-1 tahun. Padahal jika angka menyusui ASI Eksklusif meningkat dapat menyelamatkan 5000an jiwa anak dan menghemat lebih dari 3 triliun biaya kesehatan karena anak dengan mengonsumsi ASI jauh lebih sehat dan berprestasi.

Kemudian, narasumber Irma Hidyana memberikan contoh-contoh pelanggaran kode pemasaran produk pengganti ASI seperti design produk susu yang semua sama sehingga orang tua bingung untuk memilih umur bayi dan hanya fokus kepada brand dan design nya saja. Contoh lainnya sponsor di IG dengan mengkontak langsung si ibu secara DM di IG dan mengimingkan hadiah yang besar ataupun diskon besar-besaran.

34

34
Image 1 of 3